Ganti tutup radiator biar radiator gak garing

Sudah sebulan lebih sejak radiator Prengesi dikorok. Bersihkan kotoran dan tambal yg bocor.
Dan udah diwanti wangi sama tukang radiator nya supaya ganti tutup radiator. Dasar males aja, sampe minggu kemaren baru ganti tutup radiator.

image

image

Itu juga karena tiba2 Prengesi kena overheat. Jarum temperatur melonjak sampe tigaperempat. Mlipir mandeg. Cek air tampungan, panas tapi gak sampe meluap. Aneh. Cek radiator, buka tutup pake gombal, kemelus… Ada asap muncrat, tapi air cuman sedikit keluar. Setelah beberapa saat diisi air pake bekal air cadangan. Sampe satu jerigen 5liter baru penuh. Aneh… Tampungan air normal tapi radiator kering. 

Ternyata biangnya dari tutup radiator yg sudah lemes, gak bisa nyedot air di tampungan supaya masuk ke radiator. Jadi begitu panas, air radiator menguap sampe kering dan overheat…

image

Ganti tutup radiator, beli di bengkel deket rumah, cuman 20rb. Murah. Tapi agak janggal, agak susah dipasang di radiator. Yo wis pake dulu…
Dipake jalan agak jauh, overheat lagi. Bah…
Ini pasti gara2 tutup radiator murahan…

Tadi sore beli lagi, kali ini agak jauh, toko sparepart kondang. Beli asli ND, kata mbak yg jual, iya sih, lebih meyakinkan bentuknya… Harganya, 35rb aja…

image

Mana yg asli?

image

Yg kiri 20rb, yg kanan 35rb

Nah ini baru dipasang, belum dibawa jalan… Semoga gak overheat lagi…

Kampas Rem Cakram Asli Mio M3 gak tahan lama?

Sore tadi baru sempat ganti kampas rem depan Mio M3. Sudah seminggu suaranya berisik seperti gesekan besi beradu. Yakin ini sudah habis kampasnya. Agak heran karena jarak tempuh motor belum sampe 7000km kok udah ganti kampas rem, tidak seperti bebek kilat biru yg sampe puluhan ribu km baru minta ganti kampas rem baru.

image

Tapi baru sore tadi mampir bengkel buat ganti kampas.

image

Tanya kampas rem asli, 55rb rupiah udah sama pasangnya.
Tanya yg kawe, 25rb rupiah juga sama pasangnya…

image

Pikir2 mau coba juga kampas rem kawe merek gak jelas… Sori gak sempet poto, soale langsung dipasang sama mekanik…
Sekedar mau tau, berapa jarak tempuh yg bisa dicapai kampas rem kawe ini dibandingkan dengan yg orisinil…
Kalo bisa sampe 5000km aja dengan pemakaian wajar, gas pol rem pol, seperti selama ini, sudah bisa dikatakan bagus…

Hanya saja, yg diherankan itu kok kampas rem matik Mio M3 ini kok enggak awet ya? Apakah ini berlaku untuk semua motor matik?
Maklum aja, masih nyubi rider buat motor matik…

image

Apa sih gunanya wiper belakang?

Nah… Emang apa gunanya?

Beberapa mobil memakai fitur wiper belakang. Memang keliatan lebih wah, berkelas bila dibandingkan dengan yg polos tanpa wiper belakang. Bahkan bisa menaikkan harga jual unit baru dan mobil bekas yang ada fitur ini dan masih aktif harganya bisa lebih tinggi.

image

Tapi apa guna sesungguhnya?

Sebetulnya fitur ini menambah ribet, musti nambah switch, kabel2, dinamo dan wiper nya sendiri, dan biasanya juga ada washer alias semprotan banyu buat bersihin kaca, yg berarti nambah tampungan air dan dinamo pompa. Pokoke nambah ribet… 😈

Fitur ini biasa diaplikasi di mobil yg kaca belakang nya cenderung tegak, dan beberapa sedan berkaca landai, jadi gak ada pakem resmi tentang wiper belakang ini…
Contoh mobil yg pake dan banyak beredar adalah duo kaleng kembar, duo lcgc, umumnya suv, pokoke hampir semua merek mobil…
Bahkan ada pembeda fitur dengan tipe mobil tertentu, misalnya Mitsubishi Lancer evo asli pake wiper belakang kalo yg versi lokal gak pake. Yg motuba, Ford Laser eks taksi gak pake wiper belakang tapi yg versi Ghia pake.
Rush Terios versi trim terendah gak pake wiper belakang tapi versi yg lebih atas sudah pake…
Tapi ada beberapa motuba yg memang menyertakan fitur ini di tipe tertentu tanpa membedakan trim nya seperti vantrend, Astina, Capella.

Fitur ini jarang ditemukan pada sedan keluaran terbaru, lah sedan nya aja udah gak terlalu laku kok…

Gunanya?
Ya buat bersihin kaca… Apalagi?

image

😆

Ada beberapa pendapat tentang wiper belakang ini…
Ada yg bilang berguna buat bersihin kaca berdebu, disemprot pake washer dulu trus diaktifkan wiper nya. Debu bisa nempel di kaca belakang karena bila kaca cenderung tegak, turbulensi udara di bagian belakang membuat debu lebih mudah berkumpul dan nempel di kaca, apalagi di daerah yg memang banyak berdebu.
Ada juga sedan hatchback atau saloon yg kaca belakang cenderung landai tapi masih pake wiper belakang padahal sudah lebih aerodinamis dibanding mpv, bisa jadi ini turunan fitur dari pabriknya sono yg negara bermusim salju. Jadi kalo kaca landai, salju cenderung numpuk di kaca depan dan belakang, wiper ini buat membersihkan itu. Ciri ini terlihat di wiper belakang yg default nya tegak, seperti Astina atau Capella…

Ada lagi pendapat, untuk bisa lebih jelas lihat belakang kalo pas hujan deras, aktifkan wiper belakang sewaktu liat kebelakang pas mundur, jadi bisa keliatan.

image

Apapun alasannya, mobil dengan wiper belakang memang terlihat lebih menarik daripada polosan, dan banyak yg mau membayar lebih untuk mendapatkan fitur ini, dan ada pula yg menambahkan wiper belakang tambahan di mobil yg belum punya.

Bagaimana dengan pembaca?

Perbaiki sendiri sensor tutup mesin cuci.

Udah agak lama mesin cuci rusak, selalu mendeteksi tutup atas terbuka, jadi gak mau muter.

image

Selama ini tutup mesin digebrak bisa muter lagi, tapi satu hari sama sekali gak bisa. Berarti sensor buka tutup sudah rusak.

Pelajari sana sini sambil bongkar tutup atas belakang, siapa tau sensor nya disitu.
Ternyata sensor buka tutup pake magnet di bagian depan tutup, dan kondisinya sudah mengenaskan. Maklum aja ini mesin cuci udah lanjut usia.

image

Magnet nya sudah berkarat.
Puter otak buat solusi darurat, cari magnet bekas mainan anak. Nemu di rak magnet silinder kecil, tempel diatas tutup mesin cuci dan berhasil, tuh mesin muter lagi, bisa buat nyuci, gak jadi kucek2 cucian deh… 💦

image

Sementara magnet ditempel pake isolasi bolak balik diujung atas tutup. Akan direkayasa gimana pasang magnet permanèn.

image

Review Mazda Premacy 2002.

Ini bukan review komplit, cuma kesan pengguna saja…

image

image

image

Setelah 3 bulanan punya dan pake Mazda Premacy 2002, dan perbaiki sana sini, sekarang si Prengesi udah lumayan nyaman.

image

Apalagi sebulan pake langsung ganti kampas kopling, jadi lebih pede ngelibas tanjakan curam sekalipun. Sebelumnya memang gak ada keluhan, tapi tiba2 terasa Prengesi jadi kurang kuat nanjak. Bawa ke bengkel matik dan divonis overhaul matik. Jadi ngerogoh kantong dalem2 nih… Hiks… 😭

Tapi setelah overhaul, gak ada kekhawatiran lagi soal nanjak2… Mo tanjakan kayak gimana juga libas… Udah diajak naik kaliurang, Bandungan, sendangsono, Tawangmangu, terakhir kemaren ke pantai selatan Gunungkidul, dengan variasi tanjakan terjal di masing2 daerah, gak ada keluhan lagi… Mantap kayak mobil baru…

Teknis udah dibahas, sekarang feel nya aja…
Nyetir matik memang nyaman, tapi kadang bikin ngantuk… 😴
View nyetir luas, dashboard jembar kayak Innova, cuman area segitiga di bagian spion kadang mengganggu, apalagi pas belok, agak terhalang pilar… Dan tidak seperti Capella yg nyetirnya selonjor, di Prengesi ini agak tegak dan kaku, apa karena kelamaan bawa Capella ya…
image

Jok standar bludru, gak panas, gak usah dilapisi atau bungkus kulit imitasi, nanti malah gerah.
AC nya adem, kalo full penumpang dan tengah hari panas aja disetel full, kalo sendiri cukup minimal aja… Walo belum dobel blower, tapi bisa merata di dalam kabin…
Kesenyapan kabin agak kurang dibanding Capella, berisik masih kedengaran di dalam kabin tertutup rapat. Apa karena musti ganti karet pintu? Mungkin saja…

Jok belakang bisa dicopot, memberi kelegaan maksimal buat narok barang bawaan…

image

image

Akomodasi penumpang juga baik, tidak selega Innova yg luas, tapi cukup untuk keluarga kecil dengan dua anak yg masih kecil, walo kadang juga bawa rombongan sampe 7 orang dengan catatan yg 2 masih anak2… 😅

Kursi tengah yg bisa diatur kemiringan sandaran dan maju mundur nya memberi kenyamanan maksimal untuk penumpang di baris kedua. Baris ketiga? Pasrah… Gak bisa ngapa2in… Jarang dipake juga ini… 😎

Sabuk pengaman? Ada 7, satu untuk tiap penumpang… Aman buat pengereman mendadak, mengingat ini matik rem sangat pakem… 😆
Bisa loncat kalo butuh rem mendadak… Tau sendirilah lalu lintas disini, bisa tau2 ngerem soale ada yg nyalip ngawur atau belok mendadak…

image

Mampir toko variasi dan pasang sensor parkir dua titik dengan diaplay, lumayan untuk membantu parkir mundur, walo kadang error juga, suka teriak sendiri padahal masih jauh atau ga mau bunyi padahal udah mepet… Namanya juga barang murahan… 😅

Buat ngebut mantep, pake ban gt champiro 185 65 r15 pelek compomotive, apalagi kondisi kampas kopling baru… Maknyus, gaspol, kickdown mantap, tapi kok udah males ngebut… 100 lebih dikit udah males… Ini mobil bukan buat ngebut… Buat jalan santai…

Sekian dulu ya… Mau gaspol lagi… Nanti tak tambahin…

Beli kendaraan off the road, siapa takut…

Banyak yg belum ngerti tentang beli kendaraan off the road alias harga faktur, banyak yg males urusan surat2 kendaraan, padahal urusannya mudah dan gak njlimet dan ada selisih harga yg lumayan…

Awal April lalu beli Mio M3 harga off the road, lumayan juga selisih harganya daripada on the road siap pakai…

Beli kontan, pilih unit, diantar tapi surat2 nya belum, tunggu seminggu, unit jadi penghuni garasi dan cuman dipake muter2 kampung aja… Gak berani buat jalan jauh…

Seminggu surat2 dari dealer beres, tinggal urus ke samsat. Kebetulan samsat nya deket, dari rumah jalan kaki juga nyampe… 😎
Cek berkas di regident, trus bagian uji fisik, karena udah ada gesekan nomer rangka dan mesin jadi tinggal dicap dan tanda tangan, beres trus daftar bpkb… Nah disini kalo mau nomer kendaraan khusus harus langsung minta pas penyerahan berkas, kalo pasrah dengan nomer jatah ya gak usah minta, dan gak sampe 5 menit dapet nomer kendaraan, bayar pendaftaran dan dapat berkas pengantar untuk urus stnk.
Di bagian stnk, bayar lagi diloket trus isi berkas pendaftaran lagi, trus daftar deh… Gak lama dipanggil dan disuruh datang lagi seminggu buat penghitungan pajak kendaraan bermotor…
Pulang dulu deh…
Modal secarik nota pendaftaran bpkb dan stnk, langsung bikin plat nomer di pinggir jalan… Lho kok? Kan udah dapet nomer kendaraan, daripada motor gak dipake ya pasang aja plat nomernya… Trus motor buat ngider deh…

Kok gak pake plat nomer sementara dan surat jalan?
Sama aja… Samsat gak pernah keluarin plat nomer sementara, itu kebijakan dealer dan pihak2 tertentu… Setidaknya itu info dari pak polisi yg kutanyain di samsat…
😝

Setelah seminggu balik ke samsat lagi, ambil bpkb yg udah jadi dan bayar pkb,  tapi ternyata plat nomer belum bisa diambil, masih nunggu bulan oktober… Antrean nya lama… Ngoahahahaha…

Jadi, sementara pake plat nomer bikinan pinggir jalan tadi itu…

image

Jadi berapa selisih nya harga off the road Yg daftar sendiri dengan on the road harga bandrol?
Ya lumayan lah ada hampir satu juta untuk kelas motor entry level kayak mio m3 ini…

Sama aja kalo buat mobil, om saya baru ambil brio off the road, urus surat sendiri, selisih bisa sampe sepuluh jutaan dari harga bandrol…

😎

Pilih Mio M3… Kenapa?

April kemaren dapet rejeki buat beli kendaraan harian, khususnya untuk istri… Selama ini gantian pake bebek biru buruk yang udah tua… 

Pilah pilih, akhirnya beli Mio M3 putih. Pertimbangan nya, adalah, kendaraan yg buat dipake harian, gak perlu yg canggih dan gaya, pokoke cukup buat nyambung mlaku…
Dari postur, Dimensi imut  Mio M3 cocok untuk istri yg juga imut 😝

Kok M3, ya itu tadi… Kalo ngikut selera ku ya ambil nmax… Ngoahahahaha… Tapi kesian istri entar kebanting kalo bawa nmax yg semok…

Kan ada yg lain, mio j, mio gt, gt125, xride…
Soale yg udah blue core baru M3 dan gt125, tapi yg imut ya M3…

Merek lain?
Beat? Ponakan udah pake, udah ngerasain, masih lebih baik M3 dari beberapa sisi…
Apa aja? Entar deh bikin artikel lagi… Ngoahahahaha…

So, jadi ambil M3 dan beli yg harga faktur, selisih harga lumayan dan tinggal urus surat sendiri… Ini juga artikel lain… Ngoahahahaha…

Dan pada akhirnya, bebek biru buluk malah jarang dipake dan jadi penghuni garasi… Aku sendiri malah sering pake Mio nya… Pinjem dulu ya…

image

image

image

Dan pertanyaan tetangga, tau sendiri kan, kalo beli kendaraan baru mesti pada nanya2… Mio ini irit kah?
😆

Short Pre Review Mazda Premacy 2002

Ini baru short Pre Review… alias pra tinjauan singkat… alias icip2 dulu…😀

IMG_0230

Baru ambil di planet lain.. eh… di Bekasi…😀

Hari Minggu bayar, beres2 singkat, langsung malemnya bawa ke Jogja via jalur tengah,,, ngetes lewat jalan rusak…😀

Sampe Jogja langsung diberesi, ganti pelek ban, cuci2, spooring balancing, ganti oli Shell Helix HX7, bersih2 injektor dan throttle body…

Masih ada beberapa pe er lain tapi sementara itu dulu… dompetnya udah teriak…😀

Dari luar keliat imut, pas parkir keliatannya lebih pendek dari Mazda Capella HB yg dulu,

Coba liat dimensinya

Mazda Capella 1988

Length 4,515–4,610 mm (177.8–181.5 in)
Width 1,690 mm (66.5 in)
Height 1,370 mm (54.1 in) (hatchback)
1,410 mm (55.5 in) (sedan)

Mazda Premacy 2002

Length 1999-2002: 4,295 mm (169.1 in)
Width 1999-2002: 1,695 mm (66.7 in)
Height 1999-2002: 1,590 mm (62.6 in)

Premacy nya lebih pendek 31,5cm dengan kapasitas penumpang lebih banyak… worth it..

Kapasitas penumpang total, 5 + 2, lho kok plus 2? soale yg paling belakang cuman layak buat anak2 SD, gak dihitung sebagai full sized passenger…😀

Bangku penumpang paling belakang bisa dilipet untuk memperluas kapasitas bagasi.

Bangku baris kedua bisa digeser maju mundur untuk kompromi dengan baris ketiga…

Aturlah… saya sendiri duduk di kursi sopir…😀

Fitur lain?

Ada sunroof, buat gaya2 aja sih… disini gak terlalu kepake…

SRS Airbag, semoga gak pernah kepake…

Yang menarik adalah, sabuk pengaman untuk semua kursi, alias total ada 7 sabuk pengaman… safety feature yang mumpuni untuk keluaran tahun segitu…

ada lagi tilt steering, standar ini sih, trus retractable electric mirror, nah ini berguna banget…

Yang terasa banget secara visual adalah dashboard nya yang luas, bisa buat maen catur…😀

Sementara, ini poto2 nya interior…

IMG_0194IMG_0196

IMG_0221IMG_0205

IMG_0207IMG_0219

IMG_0225

Kenapa pilih Mazda 626 New Capella 2.0 HB

Pertama, minta maaf udah lama gak update blog ini… banyak kerjaan.. ngeles mode…😀

Sampai sekarang udah ada satu setengah tahun pakai Mazda 626 New Capella 2.0 HB terbitan tahun 1988. Banyak suka dan dukanya, dan udah ngabisin duit yg kalo diitung udah belasan juta… Namanya juga motuba, kalo gak diragati ya mangkrak..

Dari ganti pelek, ban, seputar mesin, master kopling, kampas kopling, servis ini itu, terakhir kena dinamo starter..😮

SONY DSC

Tapi tetep aja enak dan nyaman pake mobil ini, kenceng, antep, nyaman dan akomodasi nya melimpah…. Jok belakang bisa dilipet semua atau sebagian, sesuai dengan keinginan membawa barang…

 IMG_20140614_071725[1]

Pernah juga bawa kayu buat dandan2 rumah, bawa pelek dan ban, masih banyak lagi…

Juga pernah diajak jualan tas…😀

Foto406

Ikut Club Mazda, dalam hal ini Mazda Jogja Club, yg membernya gaul dan mehong…😀 dari anak kuliahan sampe bapak2 punya anak cucu…😀 enak dan informatif

Istri kadang ngomel, tuh mobil ngabisin duit melulu… tapi kalo udah duduk di kursi penumpang ya udah diem aja menikmati perjalanan…😀

Memang mobil ini tidak dipakai harian… boros, dibandingin suprapit…😀 tapi sebanding dengan tenaganya, diadu kenceng sama mobil2 baru juga ayo… mesin 2000cc dengan kampas kopling anyar memang sesuatu banget… gas pol langsung narik, tapi paling banter cuman 120kph aja… inget ini mobil tua dan belum full restored to top condition… nanti aja kalo udah full restored…

mo kayak gini…

IMG_134333316330757[1]

Balik lagi… kenapa pilih mobil ini? kan boros dan perawatan mahal?

Udah dari jaman SMA dulu sewaktu mobil ini masih kinyis2 wirawiri di jalan, kesengsem sama bodi dan teknologinya… Spido digital untuk tahun segitu udah canggih banget, padahal sekarang udah biasa aja…😀 bahkan ponakan yg naek mobil ini aja heran tuh laci bisa ada lampu nyala kalo dibuka… hahaha…😀 padahal mobil tua ini.. Dan akomodasi luar biasa yg bisa ditampung, kalo kursi belakang full dilipet, tuh belakangnya udah kayak kolam renang aja…😀

Masih banyak pe er dari motuba ini, tapi pelan2 aja, tujuan utama hanya memulihkan kondisi hingga sebisa mungkin sama seperti waktu keluar pabrik…😀 gak perlu modif macem2, cukup restorasi saja…

20140214_091143[1]

Charge Aki pakai UPS bekas

Ini kejadian udah lama…
Pas hari minggu pagi mau jalan2 pake mobil, kok gak bisa distarter, ternyata aki gak kuat ngangkang, eh, ngangkat starter. Cek pake tester, cuma 11 koma sekian volt… Pantes aja gak kuat… Bingung, ndodok, browsing tokoganteng, eh ada yg jual UPS bekas, dapet ide, cas aki pake UPS…
Telpon, sms, jam sembilan pagi tuh barang dianter… Cek sebentar trus bayar…

image

Modif dikit, kabel buat ngecas aki ups internal dipanjangin pake kabel dan jepit buaya supaya gampang buat ngecas aki…

Gak ada itungan segala macam, pokoke bisa ngecas aja…😀

Tancep listrik pasang akinya trus itupun deh… Setelah itu dicek sekalian pake tester digital, angka masih 11,7v naek terus sampe akhirnya sore sekitar jam tiga jadi 12,58v…

image

Oke, cabut deh aki nya… Pasang di mobil lagi…
Ceklek jreng langsung hidup tuh…😀

Cek voltase pengisian sekalian….
image

Normal, dikasih beban penuh, turun jadi 13,5v… Masih oke…

Jadi, gak perlu beli charger aki mahal2, cukup beli ups bekas aja… Kemaren dapet di harga 100rb aja… Murah meriah… Daripada bawa ke tukang cas aki, repot deh…

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 401 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: