Pengalaman Membayar PKB di Samsat Kodya Jogja

Sharing pengalaman pembayaran pajak kendaraan bermotor di samsat Kodya Jogja

Akhir bulan Januari lalu, terpaksa disempatkan untuk membayar PKB lima tahunan… lah udah batas akhirnya je…
Kebetulan si motor minta platnya ganti baru, karena udah lima tahun, yo wis siapin uang secukupnya… Toh ini juga demi kebaikan bersama aka wajib pajak yg baik plus daripada ditangkep polisi pas cegatan… 😀

Langsung aja, jam 08.30 mampir ke Samsat Kodya Jogja yg jaraknya gak sampe 500m dari rumah, dan bawa motor, emang jalan kaki aja sampe tapi motornya perlu uji fisik.
Langkah pertama, siapin surat2 yg perlu, BPKB, STNK, KTP semuanya yg asli dan fotokopinya dua lembar.
Berikutnya, uji fisik, beli formnya Rp. 10.000, setelah digesek2 sama tukangnya, trus bawa ke loket uji fisik, dicap sana sini, beres, gak sampe 5 menit, trus ke loket pembayaran pajak…
Di dalam gedung, langsung ke loket satu untuk membayar pajak lima tahunan, beli formnya seharga Rp. 80.000, diisi dan minta cap ke belakang gedung sama yg namanya Pak Rintoko, karena BPKB asli masih sekolah… 😀 Kemudian masuk ke loket 2 dan menunggu panggilan di loket 3, setelah dipanggil, dan diberi detail pembayaran, transaksi dilakukan di kasir loket 4. Kelar pembayaran, duduk manis tunggu STNK asli di loket 5. Gak pake lama STNK asli kelar, langsung keluar gedung menuju tempat pembuatan plat nomer baru, serahkan STNK asli gak sampe 10 menit, tuh plat nomer udah di tangan siap dipasang… ya masih lengket2 dikit tapi udah layak pasang…

Jam sepuluh dah selesai jadi total menghabiskan waktu satu setengah jam… wew… termasuk cepet banget tuh… apalagi kalo cuman pajak tahunan, mungkin gak sampe satu jam dah kelar… pantes aja calo2 disitu gak banyak… lah pelayanannya cepat dan tidak mahal apalagi dimahalmahalin…
Pernah pengalaman bayar PKB motor di Palembang, butuh waktu dua hari sampe STNK asli di tangan… wew….

Iklan

About dowey

simple, humble family man

Posted on 2 Februari, 2012, in Kendaraan. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Mzbro kalo pajak nunggak 2 tahun, kira2 abis berapa?
    Motor ane bebek. Terus prosesnya ribet ga ya?
    Trims.

    Suka

    • seperti biasa aja, setelah dari loket 2 nanti di loket 3 diberi rincian yg harus dibayar… kalo ada denda ya ditulis disitu… baru bayar di loket 4… gak pake ribet kok…

      btw… sebenernya kemaren juga telat pajak setahun, tapi kok yg dibayar cuman yg terakhir dan tanpa denda… mungkin ada pemutihan atau datanya error… 😀

      Suka

  2. Kalau di Surabaya biasanya ada pemutihan tiap 2 tahun. Bebas denda. Asal jangan pas mati stnk aja. Bisa gawat.
    Biaya 80 ribu di atas mungkin untuk cetak STNK 50rb + bikin plat 30rb. Jadi bukan biaya form. Karena seluruh form gratis (kalau diurus sendiri).
    Termasuk 10rb yang di cek fisik harusnya ngga ada. Tapi biasanya aku juga ikhlaskan kok. Daripada disuruh gesek ulang dengan alasan kurang jelas gesekannya. Xixixi

    Suka

    • betul….
      memang gak ada jelas tarif resmi uji fisik, lah kemaren petugasnya minta 10rb ya kasih aja daripada ribut2… 😀
      yg 80rb, emang bener untuk cetak STNK dan plat nomer… karena setelah dihitung, memang total biaya yg tercetak persis angkanya seperti itu… gak dilebihin…
      dan udah biasa kalo yg 5 tahunan lebih mahal daripada yg tahunan….

      hanya saja, waktu yg dibutuhkan untuk mengurus sendiri PKB nya sungguh cepat… 😀

      Suka

Silakan komen...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: