Apa sih gunanya wiper belakang?

Nah… Emang apa gunanya?

Beberapa mobil memakai fitur wiper belakang. Memang keliatan lebih wah, berkelas bila dibandingkan dengan yg polos tanpa wiper belakang. Bahkan bisa menaikkan harga jual unit baru dan mobil bekas yang ada fitur ini dan masih aktif harganya bisa lebih tinggi.

image

Tapi apa guna sesungguhnya?

Sebetulnya fitur ini menambah ribet, musti nambah switch, kabel2, dinamo dan wiper nya sendiri, dan biasanya juga ada washer alias semprotan banyu buat bersihin kaca, yg berarti nambah tampungan air dan dinamo pompa. Pokoke nambah ribet… 😈

Fitur ini biasa diaplikasi di mobil yg kaca belakang nya cenderung tegak, dan beberapa sedan berkaca landai, jadi gak ada pakem resmi tentang wiper belakang ini…
Contoh mobil yg pake dan banyak beredar adalah duo kaleng kembar, duo lcgc, umumnya suv, pokoke hampir semua merek mobil…
Bahkan ada pembeda fitur dengan tipe mobil tertentu, misalnya Mitsubishi Lancer evo asli pake wiper belakang kalo yg versi lokal gak pake. Yg motuba, Ford Laser eks taksi gak pake wiper belakang tapi yg versi Ghia pake.
Rush Terios versi trim terendah gak pake wiper belakang tapi versi yg lebih atas sudah pake…
Tapi ada beberapa motuba yg memang menyertakan fitur ini di tipe tertentu tanpa membedakan trim nya seperti vantrend, Astina, Capella.

Fitur ini jarang ditemukan pada sedan keluaran terbaru, lah sedan nya aja udah gak terlalu laku kok…

Gunanya?
Ya buat bersihin kaca… Apalagi?

image

😆

Ada beberapa pendapat tentang wiper belakang ini…
Ada yg bilang berguna buat bersihin kaca berdebu, disemprot pake washer dulu trus diaktifkan wiper nya. Debu bisa nempel di kaca belakang karena bila kaca cenderung tegak, turbulensi udara di bagian belakang membuat debu lebih mudah berkumpul dan nempel di kaca, apalagi di daerah yg memang banyak berdebu.
Ada juga sedan hatchback atau saloon yg kaca belakang cenderung landai tapi masih pake wiper belakang padahal sudah lebih aerodinamis dibanding mpv, bisa jadi ini turunan fitur dari pabriknya sono yg negara bermusim salju. Jadi kalo kaca landai, salju cenderung numpuk di kaca depan dan belakang, wiper ini buat membersihkan itu. Ciri ini terlihat di wiper belakang yg default nya tegak, seperti Astina atau Capella…

Ada lagi pendapat, untuk bisa lebih jelas lihat belakang kalo pas hujan deras, aktifkan wiper belakang sewaktu liat kebelakang pas mundur, jadi bisa keliatan.

image

Apapun alasannya, mobil dengan wiper belakang memang terlihat lebih menarik daripada polosan, dan banyak yg mau membayar lebih untuk mendapatkan fitur ini, dan ada pula yg menambahkan wiper belakang tambahan di mobil yg belum punya.

Bagaimana dengan pembaca?

Iklan

About dowey

simple, humble family man

Posted on 7 Desember, 2015, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. fungsinya sama kayak wiper depan. cuma letaknya dibelakang dan dipake pas mau mundur. makanya nggak heran di beberapa mobil eropa/JDM kalo wiper aktif pas pindah ke gigi R wiper belakang otomatis hidup.
    yang konyol mobil maju tapi wiper belakang ikutan dihidupin :mrgreen:

    Suka

Silakan komen...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: